Selasa, 12 Februari 2019

Pengalaman membuat VFS Tasheel di Jakarta

Sebelumnya mungkin banyak calon jamaah umroh yg belum mengetahui apa itu VFS Tasheel, sama gw jg sebelumnya kurang tau apa itu. Pernah liat konternya di Epicentrum Walk (Epiwalk) Kuningan, tp gw pikir oh ini kantor visa untuk TKI TKW ke Arab Saudi, abis itu yaudah karena merasa belum ada kepentingan jadi yaudahlah lewat begitu sahaja :D

Beberapa hari kemudian jadi karena rencana keberangkatan umroh kami sekitar akhir Januari 2019, sekitar akhir Desember 2018 di hubungi pihak biro perjalanan umroh infonya kalau mulai 17 Desember 2018 persyaratan untuk pembuatan visa ke kedutaan Arab Saudi harus melampirkan data VFS Tafsheel, dan gw yg baru denger langsung browsing tp belum ada banyak info tentang pembuatan ini dan browsing nomor telepon kantonya yg di Epiwalk dan Blok M ga di angkat walopun sudah tlp beberapa kali, jadi kami cm tahu info lebih lanjut dr pihak agent travel, karena emg kebijakannya baru lah yah.. :(

Jadi VFS Tasheel ini tujuannya untuk merekam data  biometrik retina mata dan sidik jari untuk kelengkapan data apply visa ke kedutaan, dari hasil kepo gw di internet sebenernya ga cuma Arab Saudi yg mengeluarkan peraturan ini, ada beberapa negara lainnya gitu..

Namun karena kebijakan ini infonya mendadak agak membuat rempong juga sih ya, karena belum semua provinsi di Indonesia yg punya kantor perwakilannya, seperti orang tua gw yg domisili di Pangkalpinang, Pulau Bangka harus datang ke kantor perwakilan terdekat seperti Palembang atau Jakarta hanya untuk perekaman, merugikan calon jamaah dari segi waktu dan biaya kan? Dan liat-liat berita di internet juga ternyata banyak kalangan yg kurang setuju dengan kebijakan baru ini, tp apapun keputusannya, Insya Allah ini memang yg terbaik untuk kita semua yah..

 

Akhirnya setelah nego dengan pihak biro perjalanan, semua pendaftaran di urus oleh travel, jadi kami tinggal print bukti pendaftarannya (infonya daftar melalui website).

Jadi yg harus dibawa untuk pembuatan VFS Tasheel ini:
1. Uang cash (ga bisa debit)
2. Print kertas pendaftaran 1 org 1 lembar (sebagai contoh di kertas gw tertera 3 nama org sekaligus, jadi tetap print 3 lembar yah)
3. Paspor


Setelah print akhirnya kami disarankan untuk datang ke VFS Tasheel cabang Mall Cipinang Indah dengan pertimbangan agak lebih sepi daripada cabang lainnya yg katanya antri membludak, apalagi dengan jamaah yg waktunya sudah mepet dengan kenberangkatan, jadi kalo ga ada VFS Tasheel, katanya visa ga bisa keluar, gitu..


Di kertas pendaftaran ini sudah tertera tanggal dan jam untuk melakukan perekaman.
Sesampainnya disana sudah lumayan banyak orang antri, lalu kami di arahkan ke loket pendaftaran untuk mengambil nomor antrian, setelah itu akan di panggil masuk ke ruangan sesuai nomor urut.
Setelah di panggil dan petugas mencocokkan data diri dengan paspor lalu kita di foto wajah, dan scan 10 sidik jari tangan kanan-kiri, setelah itu pembayaran sebesar Rp 114.000 (biaya ini bersifat pribadi, belummasuk ke paket harga umroh travel), kemudian selesai. Ya, selesai, se-simpel itu ternyata, tp mungkin karena kurang atau mendadak sosialisasinya kali ya apalagi untuk yg keberangkatan mepet agak bikin rempong atur waktu.

Setelah selesai semua proses akan di berikan tanda bukti berupa kertas, nah ini yg dibutuhkan travel agent untuk pendaftaran visa ke kedutaan untuk di lampirkan dengan paspor dan buku kuning ke kedutaan..


Semoga bermanfaat yah untuk yg ingin umroh, semoga di mudahkan segala prosesnya, dan semoga aku segera bisa kembali ber-umroh dan melaksanakan haji, Aamiin..



Regards,

Marisa.

10 komentar:

  1. Tolong klo mau urus urus perpanjang atau bikin paspor visa harus sesuai dgn alamat e ktp

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya iya harus selaras semua alamat atau kalau tidak sama ada surat keterangan yaa.. cmiiw

      Hapus
  2. ka ..ini aku kan mau ke Tasheel juga buat pengambilan visa family dari suami di saudi...itu yg katanya harus ada antrian Tasheel nya gmana yah apa nama app nya,aku nyari ko ga nemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak.. Untuk aplikasi antrian aku kurang paham, karena yg urus pihak travel. Tapi waktu dulu aku kesana sepertinya langsung datang aja mba tanya2 ke petugas nya aja mba.. atau tlp dulu, khawatir tutup karena Corona..

      Hapus
  3. Hai kak perkenalkan officer TasHeel, dgn adanya kebijakan ini membantu dan mempermudah jamaah, jd tdk lagi ada biometrik di Arab Saudi, terkait apply visa lainnya, persyaratan tergantung dg visa type yg diajukan, dan per masing2 visa itu beda ya pesyaratan dokumen pendukungnya. Untuk pengajuan visa ie: personal, family, commercial,dll. Itu harus ada calling visa (invitation later) yg mengeluarkan ipihak imigrasi Arab Saudi :) for more information bisa di cek web nya www.vfstasheel.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak..
      Terima kasih informasinya ya, semoga bermanfaat untuk calon jamaah lainnya yaaa :)

      Hapus
  4. Mau tanya pada saat dateng ke sana dokumen pendukung seperti translated Akte dll harus dibawa ngga ya?

    BalasHapus
  5. Hi kak Officer Tasheel,

    Saya mau nanya. Apakah bisa mengajukan permohonan visa di Jakarta tapi Biometriknya di lakukan di Makassar?

    BalasHapus
  6. Halo semua , mohon bantu info gimana solusi , mau daftar jadwal janji temu, tanda x semua tanggal , gak bisa ambil jadwal

    BalasHapus
  7. Hallo kak petugas tasheel ,berapa hari setelah boometrik visa akan terbit untuk visa bisnis ?

    BalasHapus