Kamis, 27 Desember 2018

Perjalanan ke Maldive KW ala Pulau Tegal Mas

Hallo guys..

Jadi artikel ini gw buat mengingat banyak teman-teman yg menanyakan tentang postingan gw di sosial media tentang pantai dan pulau yg mirip Maldive KW, daripada capek jawab satu persatu, yaudahlah yaa baca disini aja yaaa biar lebih jelas, let's go..

Jadi berawal sekitar sebulan yg lalu, salah satu teman kantor memberikan info kalau ada destinasi pantai yg relatif baru di daerah Lampung, setelah dikirimin foto di WA Group, tadinya bareng kawan kantor mau kesana, namun cancel, jadinya yaa udah gw share aja di WA story itu foto siapa aja yg mau bareng, akhirnya setelah ajak sana sini dan nyari yg waktunya match, jadilah kami ber-7 kesana: gw, onty kiky, Rossy (Oci), Rowena (Oneng), awalnya segini aja akhirnya onty ajak temen kantornya Diana dan Septy dan H-1 gabung teman kantor onty juga, mbak Agnes (Anes). Jadi, awal mulanya kami mau backpakeran ala-ala gitu yg penting mureeee secara udah lama ga ngetrip begini, terakhir camping ceria di pinggir pantai di Pulau Tidung Kecil, Oktober 2017 dan main ke Pulau Sangiang di Selat Sunda, tahun baruan 2017.

Semula minim informasi karena ini pulau emg masih baru banget, sempat nanya-nanya sm tour guide kita, sekitar Maret 2018 tapi mulai wisata disini tapi baru happening sekitar bulan September-Oktober 2018. Jadi mulai dr travel, rental mobil, dan info akses kesana kita cari via web dan pemesanan hotel via Agoda.
Tadinya juga mau nekat aja langsung kesana dan ketemu travel dan sewa kapal langsung di lokasi tp karena takut resiko akhirnya terus aja browsing, tp nemunya mahal-mahal bgt, penginapan disana itu bisa 1-3 juta per orang, bahkan ada yg villanya 5 juta semalam, sobat misqueen tak sanggup ye kan..
Akhirnya gw mikir yauda one day trip aja kesana tp nginepnya di kota, yg penting kan foto-foto, hahahahahaa..

Jumat malam, 21 Desember 2018, jam 21.00
Berangkat abis pulang ngantor. Berdasarkan pengalaman sebelumnya pernah ke Pahawang dan dulu sempet domisili beberapa tahun di Lampung, jadi bolak balik ke Lampung gw udah biasa, tp bedanya dulu mah taunya naik damri aja dari Stasiun Gambir langsung ke Bandar Lampung, kemaren ngecek sekitar Rp 160.000 - Rp 230.000 sekali jalan, mahal ah, kita mau ngeteng aja kan namanya juga backpackeran ala-ala.

Nah klo mau naik bus ke Merak ada beberapa opsi:
1. Dari terminal Kampung Rambutan, disini nunggu aja yaa agak ke dalem biar masih sepi, tp bisa juga jegat di luarnya, kalau beruntung masih sepi, tp kemaren kita agak jalan ke dalem jegat di pinggir jalan terminal, itu jg udah lumayan berebutan, ongkosnya Rp 40.000 kayanya kelas eksekutif deh soalnya ada WC di dalemnya (tapi gw ngeh ada ni WC pas udah mau turun sih hahhaa), biasanya klo yg biasa Rp 30.000 - Rp 35.000, bus nya apa? banyak! cari aja mana yg duluan dateng, tp rekomendasi Primajasa aja sih, klo dapet itu juga ahahha, gw kemaren asal naik mana duluan yg penting capcus jalan segera.
2. Jegat bus di Pasar Rebo, disini bus yg dr Kampung Rambutan kadang ada yg mampir nyari penumpang, dgn catatan klo penumpangnya dikit ya
3. Slipi Jaya, sama bus yg dr Rambutan juga keluar tol Slipi ambil penumpang
4. Kalideres, ada di terminalnya
5. Gatau dimana lg, coba gugling deh yg terdekat dr lokasi kalian yaa..

Perjalanan dari Kp. Rambutan ke Merak sekitar 3-4 jam, maklum macet dikit high season long weekend libur natal, kita sampe di Merak sekitar jam 01.30 dini hari setelah sepanjang jalan gw tidur bangun2 udah di Cilegon, tjapek shay, hahaha..

Sabtu, 22 Desember 2018, Merak Port
Turun dr bus dengan kondisi masih agak halu, masih  1/2 nyawa kita langsung ikutin orang-orang rame ke arah dermaga, nyampe suatu ruangan kita naik lift ke atas, naik 1 lantai doang, pas keluar gw cengo.

Lah bagus amat ini dermaga, beneran itu dermaga beda bgt sama yg biasa gw naik klo ke Lampung (padahal baru setaunan lebih sih ga kemari), bentukannya kaya mall, dan keliatan masih baru, mirip mall, bandara atau Changi lah, pokoknya bagus, dari ruang tunggu yg dindingnya kaca aja view laut dan kapal ferry lg parkir.

Setelah nanya-nanya sama petugas jadi ini dermaga baru semingguan di resmikan, dan kapal yg ada disini pun lebih bagus dan lebih cepat, ya pantesan sih ada bacaaan DERMAGA EKSEKUTIF, kalo mau ke dermaga yg biasa jalan lg agak jauh dan itu ongkosnya cm Rp 15.000 dengan waktu tempuh 3 jam, kalo yg eksekutif ini langsung naik dan perjalanan cuma sejam, ongkos Rp 50.000, yaa you know lah yaa rombongan ciwi-ciwi tengah malam pilih yg mana :D

Setelah antri tiket dan tentunya foto-foto sambil mengagumi kenyamanan dermaga baru ini, kita langsung naik kapal, jadi ada beberapa waktu penyebrangan, di banner sih mestinya jam 2 pagi ga ada tp tetiba ada krn ada kapal yg delay.
Pas mau masuk kapal, lagi-lagi halu bgt, itu pintunya kek kaya naik pesawat, lewat garbarata atau si belalai gajah, duh mon maap norak apa krn gw masi blom ngumpul yaa nyawa abis tidur sepanjang jalan.

Di atas kapal ada tempat duduk yg bisa di stel gitu, ada juga yg lesehan dan ruangan khusus wanita yg pada kenyatannya di isi campur ama laki -____-" dan ada beberapa bilik kamar yg ada kasurnya penuh semua, yauda akhirnya kita duduk dgn posisi mencar-mencar karena di dalam udah rame bgt, dan kapal ini lebih besar dan minim goncangan kaya kapal yg 15rr, lebih nyaman, harga emg ga boong yaa.. Oiya klo laper ada kafetaria yg jual pop mie, snack dan minuman.

04.00 WIB, Bakauheni Port.

Capek, lagi-lagi gw ketiduran bangun2 di bangunin Oneng klo kapal dah sampe :D
Ya gitulah, gw emg termasuk org yg gampang tidur dimanapun asal ada yg empuk, makanya selalu bawa bantal tiup klo traveling, mau di pesawat, kereta, pinggiran stasiun, mushola bandara, tempat nunggu di terminal gw bisa tidur nyenyak tp tetap waspada sm bawaan :p
Pas nyampe gerimis2 gitu, jd waktu tempuh 2 jam-an lah yaa sama ni kapal nyari parkiran untuk menyandar. Kapal aja butuh sandaran, apalagi aku ~
Setibanya di dermaga, asli ini keluar dr kapal ke dermaga aja pake si belalai gajah lg, walopun sempet drama sih guenya takut, soalnya dr pinggir kapal ke injekan si garbarata itu curam bgt dan bawahnya LAUT, udah minta ke operatornya di naikin ga bisa, walhasil gw ditinggal ama temen2 tp ujungnya pada balik lg narik gw sih hahahha, dalam hal tertentu apalagi yg menyangkut ketinggian kadang gw emg payah :(
 Musholla nya juga bagus view-nya..

Dermaga disini jg ternyata beda sama dermaga kapal yg biasanya, disini bagus jg seperti yg di Merak, menurut itinerary yg gw bikin dan hasil kepo sana sini, dr dermaga kita tinggal naik bus menuju Rajabasa Rp 30.000 turun di RS Imanuel trus naik grab ke Sari Ringgung (sekitar Rp 120.000 - Rp 150.000 sekali jalan grab kapasitas 4 org), tp ya  manusia hanya berencana, semua tergantung kondisi di lapangan serta ketetapan Allah.
Keluar dermaga kirain langsung terminal bus (kalo naik kapal yg biasa begini) eh ternyata keluar ada shuttle bus Trans Lampung (bentukannya kaya Trans Jakarta tp agak kecil, kaya shuttle bus bandara klo pesawatnya parkir jauh) FREE antar kita ke dermaga lama yg ada terminalnya, mantap.
Turun dari shuttle bus ternyata kita langsung di kerubungin orang-orang yg nawarin kendaraan travel dan bus, udah bilang nggak tepi terus di pepet, ngeri bgt :(
Akhirnya nego2 dpt juga travel pakai Avanza dr Bakauheni ke meeting point di Pantai Sari Ringgung (jadi kalau mau nyebrang ke Pulau Tegal Mas, dr dermaga kecil di Pantai Sari Ringgung) cuma Rp 400.000, mari kita tidur (lagi) bangun-bangun udah nyaris sampai, hehe..