Senin, 31 Desember 2018

Maldive KW Lokal ala Pulau Tegal Mas, Lampung

Lanjutan dari cerita Perjalanan ke Pulau Tegal Mas

Sabtu, 22 Desember 2018
Perjalanan dari Bakauheni ke Pantai Sari Ringgung pun sekitar 3.5 jam-an, gila lah itu abang supirnya nyetir kek orang di kejar setan, secara gw duduk di seat depan yaa, depan ada truk pun paling bedanya cuma beberapa puluh sentimeter di salip dong, kaya naik roll coaster, teman-teman yang duduk di belakang pun sampe pusing, tapi yaa emang tipikal driver perjalanan dr Bakauheni supir Antar Lintas Sumatera (ALS) emang seperti itu, walopun rasanya pengen bgt gw hempaskan ini abangnya biar gw aja yg nyupir, tp klo kaya gini gw jd kek garong ALS dong ya hahahhaa..

Tapi karena ngantuk dan udah males nanggepin abangnya nyupir kek org mabok gini, ya mending gw tidur, ampuh bgt ya emg efek tolan angin bikin ngantuk, bentar-bentar nguap #alesan. Bangun-bangun udah nyampe pelabuhan Ketapang, lah salah bang. Klo mau ke Pahawang yaa emg lewat pelabuhan ini, akhirnya setelah hard complaint sama abangnya dan make sure lagi nlp travel dia mau nganter ke tujuan. Jadi sebenernya klo dr arah kota, yaa emg duluan Pantai Sari Ringgung daripada pelabuhan Ketapang (bentukannya emg pantai gitu juga banyak perahu kayu nelayan)

Sampe ke gerbang pantai Sari Ringgung biaya masuk kalo mobil aja Rp 80.000 atau klo mau bayar per orang Rp 15.000, secara kita ber 8, ya mending bayar mobil aja..

Disini meeting point sama Travel Lampung Rack, gw komunikasinya sama mas Apip (baca ampe akhir yaa nanti gw kasi tau kontaknya)

Setelah beli sarapan akhirnya kita naik kapal menuju Pulau Tegal Mas, perjalanan cuma 15 menit di perahu dan akhirnya sampai di plau, kesan pertama yaa emg mirip Maldive krn resort-nya bentukan kaya rumah kayu yg di Lombok gitu, dan free boleh foto2 di sekitar bungalow lho, jika kondisi memungkinkan yaa..

Jadi ada beberapa villa yg bentukannya beda-beda, dan jembatan kayu yg menghubungkan antar cottage, lautnya juga warna hijau toska, ada berbagai water sport dr jetski, banana boat, kano dan spot foto yg pastinya Instagram-able guys, ga nyesel lah kesini walopun banyak drama kehidupan..

Setelah ganti baju, kita langsung menuju ke agak tengah laut buat snorkling, jadi spot snorkling disini tuh ada 2 spot, spot pertama emg agak ke tengah laut tp masih agak deket dr bibir pantai.

Di spot pertama ini ada spot foto underwater bentuk penyu dan ikan lumba-lumba. Di spot pertama ini terumbu karangnya ga terlalu dalam, paling cuma 3-5 meter di bawah permukan air laut, tetap hati-hati yaa kaki kalian luka kena terumbu karang..

Tipikal ikan disini banyaknya ikan sirip kuning dan hijau, ku tak menemukan ikan nemo (klo di Pahawang banyaaaaaak bgt ikan ini, lucu, gemas tp mereka takut susah di tangkep)

Akhirnya setelah 2,5 jam-an lelah snorkling kita ishoma di tepi pantai..

Setelah tenaga kembali terisi, kami lanjut main banana boat (harga per orang Rp 35.000) buat sekitar 15 menit main dan 2x di jatohin di tengah laut, tp kali ini gw di boat aja buat jadi juru video teman-teman, main banana boat emg seru tp tiap di jatohin di hempaskan ke laut bikin badan pegal, encok bahkan biru-biru lebam, makanya kali ini gw ga mau ambil resiko :D

Setelah menepi kami main kano, kali ini kami menyewa 2 kano, sewa Rp 25.000/kano/jam. Kano ini sebenernya buat kapasitas 1 org, tp bisa juga naik berdua, dgn catatan harus jago jaga kesimbangan hahaahha..

Gw naik berdua sm Onty, emg kudu pinter jaga kesimbangan, kerja sama mendayung, dan tahan ketawa. Dan ujungnya kano-nya kebalik di tengah laut yg udah lumayan dalam, udah ga bisa nginjek dasar lautnya lagi, mana di bawah banyak rumput laut dan bulu babi, jadi yaaa hati-hati yaaa guys..

Setelah bosen kano-an, kita menuju spot snorkling kedua, dan ternyata spot ini ada nya di daerah kita main kano ini jg, jd menuju spot-nya dgn cara berenang dr pinggir laut, atau bisa jg naik kano.

adek lelah bang..

Mungkin karena udah sore ya jd arusnya agak deres gitu dan air pasang, parah pegel bgt itu berenang kesana walopun udah pake pelampung, spot disini cm ada foto sama patung gajah lampung, dan ikan-ikannya jg bagus, tp terumbu karangnya agak dalam. Karena arus yg udah agak deras jd susah dan lelah yaa jadi gw menyerah ajaa, lagian udah butek jg air lautnya, mending melipir segera bilas sebelum antri toilet.

Setelah bilas dan ganti baju, kita mau foto-foto di resort tp ternyaa hujan jd kita menunggu di gubuk dulu, tp krn udah mau maghrib dan masi gerimis yauda lanjut foto-foto aja, cekidot..

Oiya di pulau ini jg ada restoran klo kalian mau makan seafood gitu, dan ada juga warung kecil yg jual Indomie, Popmie, es nutrisari, dan gorengan. Makanan ini emg priceless bgt klo di makan di pinggir pantai, anget-anget abis berenang makan ginian, enak bgt, kalah makanan resto. Jempol!

Oiya di tengah laut perjalanan dari Sari Ringgung ke Pulau Tegal Mas, ada masjid terapung, kita bisa mampir dansolat kesana (info dari tour guide) tapi krn sudah kesorean dan ombak pasang jd kita ga jadi mampir.

Di pinggir pulau Tegal Mas juga ada masjid apung juga loh, kita bisa jangkau cuma lewat jembatan saja, Masya Allah..

Perjalanan kembali ke Pantai Sari Ringgung kami lewati dgn keadaan gerimis, laut pasang (bahkan pas sampai dermaga pun air laut sudah lebih tinggi drpd tangga tempat bersandar pantai), ombak agak kencang tetapi kita masih bisa lihat golden sunset :)
Dan tak menyangka, malamnya ga jauh dr perairan ini ada tsuami di Selat Sunda yg berimbas  ke wilayah Anyer dan Lampung Selatan, ga jauh dari lokasi ini.. Alhamdulilah, masih di beri keselamatan sama Allah..

Di daratan kami sudah di jemput pak Dodi, mobil rental yg akan menemani kami ke Hotel Sahid, Teluk Betung, Bandar Lampung dan rencananya besok minggu mau explore pantai dan antar ke Bakauheni Port.

Pulau Tegal Mas OKE BGT. Kalau ada kesempatan lagi, gw masih pengen balik kesini lagi, dan tentunya pahawang, Alhamdulillah, terima kasih yaa Allah sudah di beri kesempatan untuk melihat keindahan ciptaan-Mu..

Oiya, karena sebaik-baiknya manusia adalah yg bermanfaat bagi orang lain, mngkin kontak ini bsia membantu kalian yaa, untuk harga nego sendiri :p

Mas Apip, travel: 0822-8250-2757
Pak Dodi, rental mobil: 0813-1101-6899
(bilang aja info dr Marisa yaa..)

Booking hotel lebih murah di Agoda daripada traveloka (udah gw cek bedanya sekitar 80rb)