Rabu, 13 Februari 2019

Let's Prepare for First Umroh (Hal-hal yang Baiknya di Persiapkan Ketika Akan Pergi Umroh Pertama Kali)

Bismillah..

Karena sebaik-baiknya manusia adalah yg bermanfaat untuk orang lain, maka gw pengen bermanfaat melalui tulisan dan konten di sosial media karena kedua hal ini yg gw senang melakukannya, semoga pesannya bisa di terima dengan baik yah, ga bermaksud riya atau menggurui, just share.. :)

Untuk orang awam yang baru pertama kali mau umroh baiknya persiapkan apa aja yah? Tips ala Marisa ini semoga berguna!

1. Niat
Niatkan untuk beribadah, maksimalkan waktu yg ada disana buat ibadah, minta ampun dan beramal. Boleh juga kok foto-foto kan nanti juga ada waktu bebas dan city tour jalan-jalan ke tempat bersejarah di Mekah, Madinah dan Jeddah ada banyak spot foto-foto untuk mengabadikan kenangan.. Tapi baiknya klo update sepulangnya aja ya, sayang waktunya klo buat mikirin caption dan komentar netijen :D

2. Uang
Persiapkan uang yg cukup untuk pegangan uang saku kita selama disana, uang yg ditinggalkan untuk keluarga di rumah, karena banyak pengeluaran lainnya loh selain uang perjalanan travel, semacam untuk buat pasport (passport biasa Rp 355.000, kalau e-passport Rp 655.000, jgn lupa buat nama dengan 3 suku kata nama yaa, kalo namanya cuma 1 suku kata belakangnya nanti di tambah nama ayah dan kakek, kalau yg namanya 2 suku kata nanti nama ketiga nama ayah), VFS Tasheel, cara membuatnya disini (Rp 114.000), perlengkapan umroh (detailnya nanti gw bikin di artikel terpisah), uang pulsa atau internet selama disana, ongkos dari rumah ke bandara dan persiapkan untuk infaq terbaikmu yaa..

3. Vaksin
Wajib suntik vaksin meningitis, dan ada vaksin influenza juga tapi tidak di wajibkan. Selengkapnya bisa baca disini yaa, sudah pernah ku bahas..

4. Mulai rutin latihan fisik
Karena umroh itu menguji ketahanan fisik dan bakal banyak jalan selama disana, seperti jalan dr hotel ke masjid, jalan-jalan nyari oleh-oleh, jalan dr pintu gerbang masjid ke dalam tempat solat, tawaf 7 kali putaran Ka'bah, sai 7 kali bolak-balik (konon jarak dari bukit Shafa ke bukit Marwah itu sekitar 400 meter, ya di kali aja 7 yah), mulai dari beberapa bulan sebelum berangkat pelan-pelan biasain olahraga seperti jalan santai, jogging atau naik sepeda gitu, pokoknya yg sesuai sama fisik dan minat kalian aja.

5. Minum vitamin
Kalau saran dari teman-teman terdahulu dan akhirnya gw lakukan yaitu minum vitamin atau suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh dari sebulan sebelum berangkat dan lanjut selama disana bahkan beberapa hari setelah pulang masih minum juga karena lelahnya Alhamdulillah baru berasa pas nyampe Indonesia.

6. Jaga makanan
Makan-makanan yg bergizi biar sehat selalu dan ga mudah sakit, kurangi jajan sembarangan dan mecin yaa..

7. Jaga hati
Nah ini yg banyak godaannya hehe.. Seperti kurangin gibah, julid, hindari kegiatan yg kurang bermanfaat dan banyak mudhorotnya seperti unfollow akun gosip :'D dan kurang-kurangin nyakitin orang, kalau bisa minta maaf sama orang-orang yg sekiranya pernah menyakiti dan tersakiti hatinya, tsaaah..

8. Menyelesaikan utang piutang
Nah ini, semoga di mudahkan.. :)

9. Banyak istirahat
Kalau libur atau lg gabut mending tidur atau istirahat aja gitu untuk mengumpulkan dan nabung tenaga untuk digunakan di kemudian hari

10. Perbaiki solat dan belajar solat sunah
Udah jauh-jauh kesana baiknya emang dipergunakan untuk memaksimalkan ibadah wajib dan sunah, beli buku tuntunan solat untuk memperbaiki solat kamu, pelajari solat sunah seperti solat tahiyatul masjid, solat jenazah, solat qobliyah, solat jama', solat qashar, solat hajat, solat tobat, dll akan berguna sekali selama disana, apalagi setiap selesai solat wajib langsung di lanjutkan dengan solat jenazah loh :')

11. Rutinkan mengaji
Mulai rajin mengaji, jado ketika disana tinggal meneruskan bacaan tadarus kalian sambil itikaf di masjid, syukur-syukur bisa khatam disana, Masya Allah..

12. Perbanyak cari info tentang umroh 
Sebagai orang awam dan baru pertama kali bisa beli buku tentang umroh, cari tahu tentang amalan sunah selama disana, tempat yang mustajab untuk berdoa, nanya-nanya sama teman yg udah pernah kesana, gugling, macem-macem lah banyak jalan untuk menambah ilmu

13. Belajar tayamum
Untuk keadaan terdesak seperti kita harus solat di pesawat atau di bus

14. Merutinkan amalan wajib
Yap, biar nanti terbiasa disana :)

15. Membuat target ibadah
Bisa beli buku notes kecil untuk list ibadah dan solat apa saja, biar ga lupa :')

16. List doa
Bisa di tulis di notes kecil juga, selama disana Insya Allah mustajab untuk berdoa, di tulis dari sekarang biar ga lupa mau minta apa saja sama Allah, dan pasti ada keluarga, teman, tetangga maupun sodara yg titip doa biar ga kelupaan di tulis aja, karena itu termasuk amanah loh..

Semoga bermanfaat yah, mungkin setiap orang berbeda-beda bisa disesuaikan dengan diri kalian masing-masing.. Semoga di permudah niat baik kalian, Aamiin..


Allah memanggil manusia 3x:
1. Panggilan pertama adalah Adzan untuk sholat
2. Panggilan kedua adalah panggilan ke Baitullah
3. Panggilan ketiga adalah panggilan kematian

Untuk panggilan ke baitullah, Allah tidak memanggil yg mampu, melainkan memanggil dan memampukan yg niat, yakin dan rindu.

"Labaika Al-lahumma labaik,
Labaika la sharika laka labaik,
Innalhamda wanni'mata laka walmuk,
La sharika lak"

Regards,

Marisa

0 comments:

Posting Komentar