Minggu, 23 Februari 2020

LIBURAN KE JEPANG, PILIH BANDARA HANEDA ATAU NARITA ??


Untuk traveler yang pertama kali mau ke Jepang pasti bingung ketika nyari tiket, kalau kita search di aplikasi maupun situs pemesanan tiket pesawat dan tujuan mau ke Tokyo, akan muncul 2 nama bandara di Tokyo yaitu Bandara Internasional Narita dan Bandara Internasional Tokyo Haneda. Hmm.. Pilih yang mana yah?

Awalnya gw juga bingung mau pilih bandara yang mana, tapi setelah riset dari berbagai sumber di internet dan nanya-nanya teman, maka diputuskan untuk cari yang landing di Haneda dan setelah menjalaninya gue merekomendasikan kalian kalau mau ke Tokyo, better pilih Haneda, kenapa gitu??


Landing Haneda
1. Lebih dekat
Tokyo International Airport di Haneda itu dekeeeeeeeet banget sama pusat kota Tokyo. Jadi ibaratnya Haneda itu Bandara Halim kalau di Jakarta dan Narita itu Soetta. Waktu tempuh dari bandara Haneda ke pusat kota Tokyo hanya 17 km aja. Kemarin naik bus dari Stasiun Shinjuku ke Haneda sekitar jam 7 pagi cuma 20 menit! Ughlalaa..


2. Banyak pilihan transportasi
Dari bandara Haneda kalau mau ke pusat kota seperti ke daerah Shinjuku, Asakusa dan sekitaran Tokyo ada beberapa pilihan seperti bus, kereta (JR maupun subway) dan taksi


3. Ongkos transportasi lebih murah
Beberapa pilihan:
- Kalau kamu ga mau ribet bisa naik bus limosine menuju Shinjuku ongkosnya 1250 yen (sekitar Rp 150.000), aku rekomendasiin ini ajaa.. Kemarin belinya pas pulang langsung di TKP stasiun Shinjuku tapi bisa juga beli di aplikasi Klook, harga sama kok (ga di endorse ya..)


- Naik kereta, ongkos 200 yen (JR Keikyu line) trus nyambung lagi naik subway lupa berapa tapi total sekitar Rp 60.000-an kalau menuju Shinjuku (secara hotel gw di Shinjuku yaa, gatau kalau rute lainnya hehe..) tapi ini ribet secara gue bawa dua koper dan pas rush hour orang pulang kerja, yaa penuhnya kaya naik kereta Sudirman sore mana segala transit 2 kali naik turun tangga, gapapa untuk jadi pengalaman yaa :')

Baca juga: Penitipan Koper di Stasiun Shinjuku

          Akhir Januari 2020 kemaren kesini issue virus Corona lagi baru merebak dan happening, jadi pake masker deh..

- Naik taksi gw rekomendasikan untuk orang-orang yang kebanyakan duit sih, hahaha.. Secara gue cek di aplikasi Grab dari Shinjuku ke bandara Haneda itu sekitar Rp 1.200.000 udah shock mahal, eh pas iseng search ke bandara Narita sekitar Rp 3.000.000, waw..


Diantara kelebihan dari bandara Haneda tentunya ada kekurangannya yaitu lebih sedikit pesawat yang landing disini dan bandaranya lebih kecil serta agak jadul yaaa (menurut gue bagusan dan lebih megah Terminal 3 Soetta). Katanya awalnya disini hanya diperuntukkan untuk penerbangan domestik saja, tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya mulai ada penerbangan internasional namun jadwalnya ga sebanyak di Narita sehingga membuat ongkos pesawatnya jadi lebih mahal daripada yang landing di Narita. di Haneda ga ada pesawat LCC guys, sejauh mata memandang emang adanya pesawat-pesawat yang mahal sih~
Oh yaa kalau pulang dari sini juga banyak pertokoan branded DUTY FREE yaaa :)

Bandara Narita
Secara gue belum pernah kesini jadi yaaa ga bisa bahas detail ahhaha, mon maap.. :D
Setau gue ya disini lebih ramai penerbangannya dan kalau kamu naiknya pesawat LCC (Air Asia, Scoot, and the gank.) yaa bisa di pastikan landing-nya disini yaa. Mungkin tinggal di pertimbangkan kalau ongkos pesawatnya agak murah tapi transportasi daratnya yang lebih mahal dan jauh.
Disini biasanya untuk pesawat transit yang mau ke Amerika Utara maupun negara lainnya. Dan dari awal memang diperuntukkan untuk penerbangan internasional jadi kata temen gue lebih bagus dan luas.
Dari Narita ke Tokyo kamu bisa naik kereta cepat skyliner sekitar Rp 300.000-an kalau bus info dari temenku sekitar Rp 500.000

Jadi, kalau nanti Insya Allah ada rejeki balik ke Tokyo, gw tetep milih landing di Haneda dengan segala macam kemudahannya hehe.. Semoga bermanfaat yah.. :)

See you SOON, Tokyo!


Baca juga:

0 comments:

Posting Komentar