Rabu, 13 Mei 2020

REVIEW HOTEL DI SHINJUKU (APA GROUP HOTEL DAN E-HOTEL SHINJUKU)

Sebagai orang awam yang ingin berpergian ke tempat wisata yang belum pernah kita datengin dan tema liburan kali ini adalah Liburan Santuy jadi kita ga mau sengsara (tapi sesuai kemampuan dan budget) selama liburan, cukup susahnya pas nabung dan nahan jajan sebelum kesini, jadi kami memutuskan nginep di hotel aja dan ada beberapa pertimbangan dalam memilih hotel, mungkin sekalian bisa dijadikan tips yaa:
1. Lokasi harus dekat dengan stasiun, dengan pertimbangan mudah akses transportasi maupun menghemat budget untuk ongkos
2. Dekat dengan tempat wisata jadi tinggal jalan kaki, sekali lagi, lebih hemat beb..
3. Fasilitas. Selama liburan di Jepang ini gw emang sengaja pilih hotel, bukan home stay maupun kapsul. Karena bawaan banyak yaa agak rempong kalau di kapsul, dan baca-baca home stay airbnb gitu suka zonk dan jauh masuk-masuk gang, jadi cari aman pilih hotel aja dengan sebelumnya membaca review yang baik yaa..
4. Cek apakah ada public pantry? Yaa minimal ada microwave lumayan buat manasin bekal rendang dan nasi putih yang beli di minimarket :D


Selama seminggu di Jepang kami menginap di 4 hotel yang berbeda, 3 di Shinjuku dan 1 di Kawaguchiko. Untuk di Shinjuku sendiri kami menginap di 3 hotel yang jaraknya berdekatan. Kenapa pindah-pindah? Karena kata teman takut zonk kalau beli sekaligus seminggu, tapi sebenernya alasan utama adalah karena promo sih, ada promo hotel di Traveloka tapi diskonnya banyak kalau pesennya per malam jadi yaa kami beli satu-satu aja beda akun, kebetulan pas malam besokannya udah abis jadi yaa cari hotel tetangga :D

Baca juga: Itinerary Liburan Marisa di Jepang

Untuk range harga, ketiga hotel ini rate per malam sekitar Rp 800.000 - Rp 1.800.000 tergantung pada hari apa kalian menginapnya yaa..

1. APA Hotel Shinjuku Kabukicho Tower (9/10)

Pengalaman pertama memang selalu terkenang. Malam pertama di Tokyo menginap disini, lokasinya dekat dengan stasiun Shinjuku, yaa jalan kaki 15 menit ga begitu berasa sambil liatin suasana kota, apalagi buat yang belum pernah kesini. Lokasinya sebelah Toho Cinemas, deket pusat perbelanjaan, makanan halal ada juga. Hotel ini ada 28 lantai dan di rooftop ada FREE ONSEN! Fasilitas ini  ga ada tertera di aplikasi ketika pesan dan fasilitas onsen ini emang yang paling juara, kapan lagi onsen-an dari rooftop dan gratis hahaha.. Review onsen baca di sini yaa..

Untuk check in setelah lapor ke resepsionis dan memperlihatkan kertas reservasi (baiknya di print yaa) dan menunjukkan passport nanti kita di kasih kartu dan self check in di mesin seperti ini, nanti keluar kertas deh yang menunjukkan kamar nomor berapa dan kartu ini buat akses pintu masuk kamar dan lift yaa..


Dan ketika check out juga kartu hotelnya tinggal dimasukin ke mesin yang berbeda seperti ini, tinggal cemplungin aja..

Oh yaa karena pesan kamarnya untuk 2 orang maka harus 2 orang yang masuk kamar, tidak boleh ada tambahan orang, jika bertiga akan di kenakan biaya tambahan extra bed (tapi kamar sempit kayanya ga muat juga). Dan yang menginap namanya harus sesuai dengan yang ada di reservasi dan passport. Passport teman kita yang menginap sekamar bareng juga disertakan yaa.. Kebiasaan di Indonesia mesen kamar hotel satu tp yang masuk se-geng jangan dibawa kesini yaa :p

Kamar disini kecil namun cukup nyaman, dilengkapi TV LCD yang cukup besar, wifi, kasur untuk 2 orang yang empuk plus batal dan selimut hangat. Ada mini kulkas, teko listrik, kamar mandi yang di lengkapi dengan bathtub lumayan buat berendam setelah lelah beraktivitas :)


Toiletries juga lengkap, untuk sabun dan shampoo memang yang share berukuran besar yaaa, wajib cobain samponya, enak banget setelah keramas rambut jadi halus dan mudah diatur, berasa mau nanyain ini merk apa sampo-nya trus beli bahkan kepikiran naro di botol, tapi ga punya botol kosong hahaa.. Toiletris dilengkapi juga dengan handuk sekali pakai, ikat rambut, alat pencukur, sikat gigi, odol, tusuk gigi, cotton bud, slippers dan tentunya ada handuk kain, kimono plus sendal kulit yang buat dipakai ke tempat onsen loh..

Untuk bevarages sudah di lengkapi juga dengan kopi dan matcha sachetan dan sudah ada teko listrik juga dan 2 botol air mineral tiap harinya. Microwave dan es batu ada di lantai 28, sebelah onsen. Oh yaa sebrang pintu hotel ini ada Family Mart, jadi kamu ga perlu takut kelaparan yaa..
Rendang for lyfe~


Baca juga: Penitipan Koper di Stasiun Shinjuku

2. APA Hotel Higashi-Shinjuku-Kabukicho (8/10)
Walaupun menginap disini 2 malam, tapi gw merasa lebih nyaman di APA Tower yaa, lagi-lagi karena onsen. Jarak dari APA Tower kesini sekitar 10 menit kalau jalan kaki, dan sepertinya jaringan APA Hotel ini emang ada di seluruh penjuru yaa, ada aja gitu di pojokan jalan APA Hotel seperti nemu Indomart dan Alfamart di Jakarta~
Bahkan di sebelah hotel ini cuma kepisah jalan aja tapi masih sederetan udah ada hotel APA juga cuma namanya beda-beda dikit. Hotelnya dari segi fasilitas sama dengan APA Tower, dari segi lokasi di pinggir jalan besar dan dekat juga dengan minimarket, cuma harus nyebrang jalan besar yaa. Untuk stasiun terdekat di stasiun Shinjuku-Nishiguchi. Dikarenakan fasilitas dan lainnya sama jadi ga akan dibahas panjang yaa..
Disini bisa nitip koper dulu, jadi misalnya nyampe sini sebelum waktu check in, kalian bisa lapor ke resepsionis dan tunjukan kertas reservasi beserta passport yaa nanti kopernya di tinggal di lobby hotel nanti di kasih kertas kode penitipan gitu, jadi pas nyampe malam dan sudah bisa langsung check in tinggal bilang sama petugas mau ambil koper sambil menyerahkan bukti kepemilikan tas yaa.. Tapi perorang ada batasannya hanya boleh 2 koper, secara lobby nya ga begitu besar dan sepertinya tamu lainnya sama kaya kita gitu, titip koper kemudian cuss jalan-jalan..
Cemilan yang paling enak buat menghangatkan badan, Pop Mie dan susu jahe sachet :D

3. E-Hotel Higashi Shinjuku (9/10)

Hotel yang paling love lah, super strategis karena di sebelahnya persis pintu menuju bawah tanah stasiun Higashi Shinjuku (jarak 2 stasiun dari stasiun besar Shinjuku) lokasi diperempatan jalan dengan view lalu lalang jalan kota Tokyo dan di sekitarnya banyak restoran seperti curry, McD dan Pepper Lunch.

Jadi, kalau dari luar ketika masuk bangunan hotel ini tuh cuma ada lift aja, trus naik ke lantai 2 baru deh ada lobby. Jadi semua akses lift menuju kamar mulainya dari lantai 2 yaa.

Patung kucing khas Jepang di meja lobby, mukanya ngeselin yaa..

Dikarenakan kemarin lagi musim awal Corona jadi petugasnya pada pakai masker dan sudah ada surat pemberitahuan, agar para tamu maklum. 

Walaupun pakai masker, petugas disini baik dan sigap banget ketika di minta bantuan dan mau berusaha berkomunikasi dengan bahasa Inggris, dengan bantuan Google Translate, tentunya. Jadi ketika malam hari sepulang makan malam, modem wifi kami tertinggal di taksi dan pihak hotel membantu untuk menghubungi perusahaan taksi tersebut dan bapak taksi mau mengantarkan secara cuma-cuma tapi besok paginya, karena besok pagi kita harus ke bandara akhirnya dibantu nego bapaknya mau anter tengah malam loh, dengan biaya 1.000 yen, baik banget yaaa :')

Tapi walaupun deket karena kita males beberapa kali dari stasiun Shinjuku naik taksi ke hotel ini sekitar 1200 yen, cukup terjangkau daripada geret-geret koper naik tangga dari stasiun bawah tanah (kondisi ketika lagi bawa koper banyak ya dan tujuannya langsung ke stasiun Shinjuku seperti mau ke bandara, tapi kalau cuma jalan-jalan biasa enak banget sebelah langsung stasiun)

View dari kamar <3

Dari ketiganya sama kelasnya yaa termasuk hotel bintang 3-4 lah untuk ukuran Jepang. Kamar hotel di Jepang, walaupun mahal jangan kira akan besar seperti hotel dengan harga yang sama di Indonesia yaa. Hotel disini ruangannya berukuran kecil tapi nyaman kasur empuk dan ada TV LCD yang cukup besar, free Wifi dan pastinya di setiap kamar ada bath tub untuk berendam.

Peeper Lunch sebrang hotel, buka sampai pukul 25.00 ??

Cukup sekian review hotel yang kurang lengkap sepertinya, ga foto interior hotelnya, maapin,, Foto-foto interior maupun bangunan bisa lihat aja di aplikasi tiket-tiket-an itu yaaa, yang penting kan experience-nya :)

Akhir kata, kalau balik lagi gw mau nginep lagi di APA Tower dan E-Hotel Shinjuku :)

Baca juga: Jalan-jalan di Shinjuku

0 comments:

Posting Komentar