Selasa, 19 Maret 2019

7 Tips Memilih Travel Umroh ala Marisa ~

Assalamualaikum guysss, akhi dan ukhti..



Setelah di beberapa artikel sebelumnya sudah aku jelaskan tentang persiapan umroh, kali ini aku mau kasih tips memilih biro travel yg Insya Allah amanah, secara beberapa waktu yg lalu lg viral kan kasus penipuan travel umroh ataupun ini itu lah yang bisa menyebabkan jamaah batal berangkat, jadi kita harus hati-hati dan pilih yg terbaik dan sesuai kemampuan tentunya :)

Sebelumnya ini aku no endorse yaaa, dan belum mau nyebutin brand travel yg aku pakai juga sih hehe.. Tapi kalau untuk mau tau info untuk perbandingan bisa japri aja yah..

1. Kunjungi Haji dan Umroh Fair
Sebenernya aku ga ada rencana akan umroh secepat ini, awalnya disuruh orang tua untuk mencari info tentang travel umroh karena orang tua rencana mau perjalanan akhir 2018 atau awal tahun 2019 (dan pada akhirnya aku diberi hadiah sm Allah bisa ikutan mendampingi perjalanan kedua orangtua,  Alhamdulillah, Masya Allah..)



Qadarullah ada infonya liat di billboard toll JORR kalau beberapa hari kedepan ada pameran ini. Btw, baiknya ajak teman juga yg sevisi mau cari info ginian juga, tp kalo sendiri juga gpp sih sekalian belajar. Kebetulan juga teman-temanku masih blom pada mau umroh, adikku sibuk jadi yauda sendirian ke pamerannya yg di selenggarakan di JCC, mana akunya jg awam, ga tau info apapun cm tau klo mau umroh itu di Arab gatau perbedaan apa ibadah di Mekah maupun Madinah, hiks,,

Pokoknya selama di pameran kepo, interogasi, tanya apapun aja sama para agent travel, mintain brosur, minta kontaknya, dan bandingin harga yg sesuai budget kamu ya..

Oiya dalam setahun biasanya ada beberapa kali event kaya gini, tp penyelenggaranya berbeda, event yg aku ikut ini yg sponsor utamanya salah satu bank syariah jd nasabahnya bisa masuk free, klo non nasabah bayar sekitar Rp 20.000 gitu, seinget ku hehe.. Dan expo ini juga ada pameran ttg wisata halal dunia loh..

2. Bandingkan harga dan kualitas
Ada harga ada rupa, dan ini juga berlaku untuk travel umroh ada yg emg muree bgt sekitar belasan juta, ada juga yg sampe 30-40 juta umroh doang, semua itu tergantung pesawat, hotel, transit dimana, dll..



Ingat yaa cek juga:
Apakah harga itu udah all in? Tapi biasanya exclude pembuatan passport, VFS Tasheel dan vaksin yah..
Apakah harga udah termasuk handling bandara? Ada beberapa travel yg exclude dan berbayar sekitar ratusan sampe sejutaan.
Apakah udah termasuk perlengkapan? Biasanya ada yg bayar lg ratusan ribu untuk kain ihrom, tas, koper, seragam batik, dll atau boleh beli sendiri
Cek hotelnya bintang berapa dan jaraknya berapa meter di GPS, biasanya yg mahal itu bintang 5 yg keluar hotel udah Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, klo yg agak murah biasanya jauh jalannya bahkan ada yg naik bus dulu.
Tanyain sekamar berapa orang? Karena biasanya harga yg tertera itu yg sekamar rame-rame bisa 4-8 orang tergantung travelnya, kalau mau yg sekamar berdua atau cuma sama keluarga kita aja nambah biaya lagi loh..
Cek pesawatnya apa? Direct atau transit? Kelas ekonomi atau bisnis? Landing Jeddah atau Madinah? (kalau aku sarankan baiknya yg direct aja, karena klo transit gitu bakal wasting time dan tenaga lelah, apalagi klo kalian perginya ngajak orang tua yg udah sepuh)
Trus biasanya yg mahal ada ustad terkenal yg jadi pembimbingnya atau ownernya artis yg sekalian ikut gitu..
Cek juga makanannya masakan Indonesia atau full board international (beberapa hotel bintang 5 biasanya begini)
Umroh biasa atau umroh plus pelesir ke negara lain? Biasanya ada yg ke Turki, Dubai, Mesir, dll, tp cek lg juga itu beneran stay di negaranya atau cuma city tour beberapa jam jalan-jalan sambil nunggu penerbangan selanjutnya

3. KEPO lebih lanjut



Nah biasanya dari sekian banyak pilihan pasti mengerucut jadi beberapa opsi, buat kalian pasti udah biasa kan kepoin dan stalking mantan maupun gebetan ya pergunakan kemampuan itu untuk ngepoin nominasi travelnya, cek apa aja kak Marisa?
Cek lokasinya dimana, kalo perlu samperin buat make sure beneran ga nih ada kantornya
Cek izinnya masih berlaku apa nggak
Cek sosmed, web nya, obrak abrik lebih lanjut deh itu info disana
Cek udah berapa banyak jamaah ataupun kloter umroh yg udah jalan
Cek track record ownernya, pernah kena kasus penipuan apa ngga, ya pokoknya sejenis itu

Aku yakin pasti kalian udah jago kepo, jangan lupa cari wifi yg cepat dan suasana yg nyaman yah biar lebih khusyuk keponya.. :D

4. Cek waktu keberangkatan


Nah sekalian cek pada tangal segitu naik pesawatnya apa jam brp, cek lagi di aplikasi pemesanan tiket online ada ga tuh penerbangannya? Bisa sekalian tau juga kan harga tiket sebenernnya berapa hahaha.. Sama cek juga suhu dan musim disana seperti apa untuk menentukan outfit dan persiapan yg sesuai tentunya, klo cm umroh doang ya pasti udah tau kan di Arab panas, tp klo yg umroh plus dan main ke daerah lain, semisal kemaren seperti aku ke Turki dulu ternyata awal tahun lg winter, wah mau banget sekalian main salju kan, hehe.. Waktu terbaik lagi ke Turki itu sekitar April lg musim Tulip biar ala-ala kek di Belanda yekan~

Biasanya umroh ketika bulan Ramadhan itu jauuuuuuuh lebih mahal daripada waktu yg lainnya dan lebih ramai.

5. Waktu Pembayaran


Cari yg waktu pelunasannya mendekati waktu keberangkatan ya, bayar DP biasanya beberapa bulan sebelumnya cuma sekian juta, tp pelunasannya baiknya cari yg dalam waktu sebulan sebelumnya jadi uang ga terlalu lama ada di travel dan kita juga ga deg-deg-an juga ini jadi jalan apa ngga ya, travel yg amanah biasanya setelah kita pelunasan langsung issued tiket dan di kirim ke kita nah langsung cek deh ke airlinenya apakah data kita sudah ada atau belum..

Dan tentunya pastikan rekening untuk pengiriman semua yg menyangkut dana baiknya atas nama perusahaan yaa, jangan atas nama pribadi, apalagi nama agennya, dan simpan semua bukti transfer, bukti pembayaran, kuitansi pelunasan dan segala hal yg berhubungan dgn dokumen administrasi keuangan.

6. Pembimbing atau muthawif



Nah ini, pastikan ini muthawif nya ikutan dr Jakarta atau ketemunya di Arab, serius deh ini penting loh, baiknya emg yg ikut berangkat dr Jakarta juga atau beliau yg ngajarin dan mendampingi dari manasik. Karena kaya di pesawat gitu kan mungkin kalo belum terbiasa solat di perjalanan atau mau nanya tentang cara tayamum ada yg ngajarin, apalagi klo pesawatnya landing Jeddah dan ambil miqat (niat) dan ganti ihram di pesawat, buat jamaah yg belum paham pasti amat sangat membutuhkan. Dan ustad/ustadzah yg mendampingi selama rangkaian ibadah, nemenin ke raudah, dan yg bisa menjawah semua pertanyaan serta menjelaskan apapun mengenai seluk beluk ibadah.


7. Tanya referensi teman dan kerabat




Minta review jujur dari teman dan kerabat yg udah pernah umroh mengenai travel yg mereka gunakan. Trus tanya-tanya aja ke mereka, syukur-syukur teman kalian baik mau cerita yaa :D

Kalau temennya macem aku mah, langsung aku kasih link blog ini aja biar pada baca sendiri, masih belom jelas juga? Baru tanya japri lg hehe..

Hmm kira-kira based on my personal experience seperti itu sih yg ku lakukan, mungkin sebagian orang ada yg lebih simple ataupun lebih rempong, balik lg yaa semua tergantung personal masing-masing, klo aku cuma mau ngasih yg terbaik untuk perjalanan yg nyaman dan akunya juga suka research untuk sesuatu hal yg baru, karena tingkat kenyamanan setiap orang berbeda ga bisa disamakan, semoga berguna yah..

Wassalamualaikum Wr Wb



Note to my self:

di sela-sela waktu luang jam kerja, dan sedang merindukan kebersamaan dengan para jamaah selama perjalanan, foto di ambil dr WAG.. Rindu Al-Haram..




Pergi tak kenal, pulang menjadi saudara..

Sampai berjumpa lagi..


bisa di baca juga yah..

1 komentar: