Selasa, 25 Juni 2019

Ocehan Marisa, Berdamai dengan Diri Sendiri..

Disclaimer:
Postingan ini dibuat hanya untuk terapi jiwa, jika mungkin bisa bermanfaat bagi kalian yg membaca, Alhamdulillah..

Bismillah..

Ba'da Dzuhur, 25 Juni 2019.
Teringat pernah baca ttg bapak Presiden kita, Bapak BJ. Habibie yg sepeninggal Almh. ibu Ainun beliau mengidap Psikosomatik Malignant, yg menurut tim dokter yg merawatnya kalau ingin sehat kembali ia harus memilih salah satu option, yaitu:
1. Masuk rumah sakit Psikiatri atau rumah sakit jiwa
2. Tinggal di rumah ada tim dokter yg datang
3. Curhat kepada kawan yg dokter atau siapa saja
4. Selesaikan sendiri, curhat kepada jiwa dan diri sendiri. (baca selengkapnya disini)
Dan bapak BJ. Habibie ambil opsi keempat dengan cara menulis, dimana kita tahu dari buah curhatnya menghasilkan karya novel Habibie dan Ainun kemudia di buat versi layar lebarnya, yg gw aja udah nonton beberapa kali, sukses bikin nangis dan berdoa, semoga ada Habibie lainnya yg di ciptakan untuk jadi suamiku nanti, Aamiin.. (bantuin yaa Aamiin-kan..)

Film Habibie dan Ainun ini rilis ketika gw lagi patah hati akut, yaa patah hati akut yg bahkan gw sampai curhat ke rekan senior yg lulusan Sarjana Psikologi, dia bukan psikolog namun dia memberi pandangan dan masukan ke gw, saat itu, sangat "mengenai hati", salah satunya adalah harus berdamai dengan diri sendiri. Gw yg saat itu masih bocah baru lulus kuliah dengan segudang idealitas anak fresh graduated yg baru lulus dengan impian segunung dalam karir dan ingin segera menikah namun kecewa berat cuma bisa mikir, apaan itu berdamai ama diri sendiri? 

Trus Psikosomatik apaan lg tuh? Gw browsing, baca aja deh yaa:

Jaman dulu belom sebanyak ini materi ttg psikosmatis, tp yg gw dengerin dr konsul sm mbak ini, kalo gw harus berdamai dengan diri sendiri, goal dekatnya ya biar ketika gw menjalin hubungan lagi dengan orang baru gw udah selesai dan damai dengan diri sendiri. Semakin gw pikirin, semakin gw instropeksi dan menemukan diri gw, gw butuh media untuk mengekspresikan emosi ini dengan baik, dengan cara apa? Menulis. Dari nulis beneran di buku, sampai akhirnya gw nge-blog ini (tp ya ga di publish, sekadar ngetik nulis, kaya cerita abis itu save draft atau delete gitu). Alhamdulillah perlahan gw sembuh dan ga ngebatin lagi.. Btw, ini juga yg bikin gw sering update sosmed dgn caption panjang atau sekedar update status, untuk apa? Terapi, karena setelahnya gw merasa feel better.

Saat ini , gw nulis blog ini gw sambil inget-inget tindakan apa sih yg dulu gw lakukan untuk berdamai dengan diri sendiri? Kali gw butuh lg di kemudian hari jadi bisa di baca lagi~
1. Ikhlasin. Terima dan akui apa yg emg udah terjadi, accept. Solat deh sekalian sambil nangis-nangis berdoa. Ngaku ke diri sendiri, "iya emg ini salah gw", ya emg pelan-pelan sih ga semenit bisa juga
2. Maafin diri sendiri, apa yg terjadi mungkin emg udah takdir Allah, ataupun bayaran atas kelakuan lo di masa lalu, untuk menghapus dosa, mungkin.
3. ACCEPT (lagi), terima lagi, yaudalah terima aja. terima terima terima.. (kalimat afirmasi)
4. Hindari lingkungan, hubungan maupun toxic person yg bikin lo kecemplung dalam kondisi seperti ini. 

Block kontak untuk sementara gpp lah ya, ini bukan tindakan kekanakan, tp salah satu usaha untuk melindungi dan menyayangi diri sendiri. Gw selalu ingat, salah satu ucapan dari Mas Adjie Santosoputro ketika lagi ikut kelas Emotional Healing (ya beberapa waktu yg lalu lagi down dan gw ambil pelarian ke event seperti ini): Ga ada yg bisa menyakiti dirimu, kecuali kamu mengizinkannya. Dan gw ga mau mengizinkan toxic-toxic ini untuk lebih jauh nyakitin diri gw, karena kalo bukan kita sendiri siapa lg yg akan sayang sama diri ini?
5. Muhasabah, kembali mendekat kepada Allah. Berfikir mungkin Allah kasih masalah ini sebagai alarm untuk kita kembali kepada-Nya setelah kemarin sibuk disibukkan sama selain Dia. Allah cemburu, Allah pengen hamba-Nya kembali mendekat. Maafin aku yaa Allah.. ;')
Kadang saat ternikmat emg ketika bersujud sambil menangis meminta ampun kepada-Nya kan? Kembali ke Al-Quran dan Solat adalah sebaik-baiknya obat, coba deh asal aja buka Al-Quran ketika lg kalut gitu, baiknya malah klo yg ada terjemahannya biar kita tau pemahamannya aja, Gw pribadi sih percaya biasanya pas lg buka halaman ngasal gitu, trus ngaji dan baca artinya suka sesuai sama kondisi yg lg gw rasain dan alami.. :''''''')
6. Ikut kegiatan yg bermanfaat. Cinta tidak hilang, ia hanya berpindah tempat ke yang lebih nyaman. Salurkan energi cinta lo ke kegiatan yg bermanfaat, seperti volunteer atau ke panti asuhan. Main bareng sama anak-anak dan lihat ke dalam matanya, aduh adem bgt deh.. Masih banyak objek cinta dan kasih sayang kok (walopun kadang gw jg mikir tetep butuh someone special yg bisa di kasih dan ngasih cinta tiap hari, semoga lah..) atau bisa juga ikut kegiatan kaya gw lakukan, ke acara emotional healing gini, hipnoterapi, yoga, kegiatan keagamaan, komunitas hobi atau apaan kek gitu..



7. LIBURAN. Ya, escape sebentar ke tempat yg menenangkan. Gw sukanya ke Ubud atau Jogja, pokoknnya tempat yg syahdu, kalau bisa yg ga ada sinyal gitu. Liat yg ijo ataupun biru, sesuaikan sama budget. Sendiri juga gpp, yg penting pas pulang, kembali waras ya.
8. Lakukan kegiatan yg lo seneng pokoknya, ga masalah pake uang tabungan asal ga ngutang, nanti malah nambah masalah lagi
9. Olahraga, beberes rumah dan aktivitas fisik lainnya untuk menyalurkan energi.
10. Kalo udah mentok bgt, bisa kok konsul ke psikolog. Jangan ragu, kalian ga perlu takut di anggep gila. Gila sama ada kejiwaan beda shayyy..
11. Sibukin diri, kerja aja ambil lemburan, lumayan kan sibuk tp dpt duit, bonusnya jd ga kepikiran sama masalahnya kan
12. Metode Konmari, apaan tuh? Bisa pake Google kan? Cus Gugling deh..
13. Bergaul dengan orang yg positive vibes, biar kebawa aura positif dan bahagianya, inget jauhin toxic people ya
14. Kembali ke keluarga maupun cerita ke sahabat dekat yg bisa dipercaya. Ambil masukan yg baik dan sesuai, yg buruk jangan. Rekan yg baik ga akan mandatory buat orang harus lakukan apa perkataan dia.
15. Dengerin murotal dan dzikir di Yutub, baiknya lg baca aja Al-Matsurat tiap pagi atau sore. Jadikan ladang pahala ya, Insya Allah..

Tar sisanya gw tambahin kalo inget dan sempet yaa..

Sekian, semoga dengan selesainya nulis sambil ngoceh gini bisa ngurangin emosi dan jadi terapi gw., yaa minimal bisa semakin mengenal diri sendiri gitu. Semoga bermanfaat, (kalo ada yg baca ini juga), hehe..



Warm hug, Marisa.


Sumber foto dari Google, lupa link-nya, stok di laptop dah lama download-nya. hehe..

Baca juga: Ocehan tentang survive


Kalo kamu gimana cara berdamai dengan diri sendiri? Share juga dooong.. :)


0 comments:

Posting Komentar