Selasa, 19 Februari 2019

Perlengkapan untuk Umroh, Bawa Apa Saja yaa?

Nah setelah persiapkan rohani, sebelum berangkat sebaiknya sisihkan waktu untuk hunting perlengkapan selama disana, beli dan bawa apa aja yaa?? Cekidot..

1. Koper
Biasanya travel akan memberikan koper ukuran besar 24 inch untuk jamaahnnya, tapi ada beberapa travel yg ga memberikan, kamu bisa beli koper ukuran ini, tp baiknya bawa koper kecil ukuran kabin 18 inch atau 20 inch, pastinya kalau pulang koper beranak kan hahaha..


2. Tas 
Kalo travel gw ngasih tas hand carry (bisa buat naro ihrom kalau landing Jeddah langsung ke Mekkah untuk ganti baju di pesawat buat laki-laki, bisa juga untuk baju ganti maupun mukena untuk perempuan, intinya peruntukannya untuk kita bawa ke kabin pesawat) dan tas selempang yg bisa di pergunakan selama aktivitas disana. Kalau gw bawa tas ransel lagi untuk naro keperluan yg mudah di jamah seperti HP, tumbler, makanan, cemilan, kamera, charger, kabel-kabel, power bank, make up dan lain sebagainya.


3. Perlengkapan solat
Mukena, sajadah lipat atau sajadah yg kecil, kopiah/peci buat laki-laki..

4. Perlengkapan ihram
Kalau lelaki hanya kain ihram biasanya udah di sediakan dr travel, kalo belum ada bisa beli di toko perlengkapan umroh, jgn lupa beli sabuk biar ga melorot ihramnya dana optional celana dalam tanpa jaitan, emg ada? ADA. banyak di Tanah Abang hahaha..
Untuk wanita, perlengkapan ihramnya pakaian bebas asal menutup aurat, biasanya pada pakai warna putih sih, atau pake gamis trus langsung pake atasan mukena jg boleh..

5. Al-Qur'an
Ini optional juga sih, karena di masjid banyaaaaaak sekali Al-Qur'an bebas untuk di baca, tp Al-Quran disini ygpercetakan Madinah, kalau belum terbiasa bacanya bisa bawa Al-Qur'an yg biasa kita baca aja di rumah. Kamu bisa juga loh beli Al-Qur'an ini kemudian di waqaf-kan di masjid, harga yg original sekitar 40 riyal, hati-hati kalau yg murah khawatir palsu,kalau tidak sesuai dengan spesifikasi sayang aja akan di sortir lagi soalnya dan akan di pisahkan untuk di simpan dan di berikan jika ada yg minta atau kegiatan lainnya.

6. Pakain dalam yg ada kantongnya
Nah ini, katanya disana banyak copet ga ada salahnya untuk prepare segala kemungkinan terburuk kan? Banyak jualnya di toko perlengkapan umroh di ITC atau kalo mau puas beli di Tanah Abang blok F lantai bawah ada banyak pilihan toko semacam ini, awal 2019 beli harganya Rp 25.000 per pcs, jadi bentuknya kaya singlet atau you can see gitu tp di bagian depannya ada kantong dan resletingnya, aman deh yaa, Insya Allah.. Tapi katanya ada juga celana dalam ataupun bra yg ada kantongnya, silahkan pilih senyamannya menurut kalian, tp klo gw belinya singlet aja, minimal 2 lah buat salinan. Untuk lelaki juga ada kaos oblong putih gitu yg bagian depannya ada kantong juga loh..
7. Sarung tangan sholat
Sarung tangan ini bentukannya hanya menutupi bagian atas punggung tangan dantidak menutupi bagian telapak tangan, bisa di pergunakan untuk sholat ataupun ketika aktivitas umroh, harga Rp 20.000

8. Sepatu untuk tawaf dan sa'i
Bentukannya kaya kaos kaki gitu tp bagian bawahnya ada buletan-buletan biar kalau kita lg jalan ga telalu licin, dipakainya setelah pakai kaos kaki, harga Rp 25.000


9. Kalung 7 bandul untuk menghitung putaran tawaf dan sai
Ini sangat berguna kalo kita lupa hitungan putaran, beli cuma 1\Rp 10.000 di Asrama Haji Pondok Gede

10. Kaos kaki
Bawa yg banyak yah, yaa minimal 4 pasang buat ganti-ganti sehingga ga perlu nyuci

11. Baju gamis
Bawa berapa ya? Tergantung kebutuhanmu.. Kalo gw kemaren bawa 4 tapi ujungnya beli juga gamis di Madinah bagus dan untuk harga teteup yaa ada harga ada rupa, ada yg harganya 20 riyal tp ya tipis, semua tergantung pilihan kita aja..

12. Jilbab syari
Nah ini tergantung warna kebutuhan, mix and match disesuaikan sama gamis ..

13. Pakaian dalam secukupnya
Iya semua secukupnya tergantung kebtuhan kita, tp ada juga yg menyarankan bawa celana dalam kertas

14. Legging
Untuk dalaman baju gamis

15. Obat-obatan pribadi
Tergantung penyakit kalian apa, tp boleh juga nyetok minyak kayu putih, tolak angin sama Antimo lumayan biar di pesawat tidur bangunnya cuma makan, solat dan udah nyampe :D

16. Masker
Untuk menutupi debu-debu pasir, bisa juga untuk menutup muka kalau lg tidur di perjalanan, apalagi yg punya kebiasaan tidur mangap dan ngiler :D

17. Jaket
Ga usah di jelaskan udah paham lah kegunaannya apa, hehe..

18. Sendal jepit
Nah ini paling juara lah sendal jepit buat aktivitas selama disana, kalau solat tinggal taro plastik masukin tas, jadi anti ilang hehe, baiknya bawa beberapa pasang yaa untuk cadangan, kita harus prepare dalam kondisi apapun, karena konon katanya banyak yg sendalnya ilang gitu..

19. Kantong plastik
Nah ini bisa buat naro sampah, sendal, baju kotor, bungkus makanan, dll

20. Sunglasses hitam
Biar ga silauuuuu, panas shayyy silau..


dan yang paling penting...

UANG secukupnya, disana juga ada ATM, selama kartu ATM kalian ada logo Visa atau Master Card bisa transaksi di mesin yg ada logo serupa yah, biayanya Rp 25.000 per transaksi.

Sisanya disesuaikan sama kebutuhan kalian yaaa, semoga bermanfaat..



Regards,

Marisa

0 comments:

Posting Komentar