Rabu, 13 Mei 2020

PENITIPAN KOPER DI STASIUN SHINJUKU

Ketika ingin melanjutkan perjalanan ke Kawaguchiko dan hotel sudah dipesan untuk bermalam disana, salah satu problem adalah males banget bawa koper. Akhirnya setelah mencari info apakah di hotel Shinjuku bisa titip koper semalam ternyata tidak bisa dan cari penitipan di sekitar pertokoan Shinjuku area ga menemukan yang bisa titip koper menginap, yaudah pasrah ngide dan optimis "Nanti biasanya ada kok penitipan di stasiun". Secara logika harusnya memang ada tapi kita ga tau lokasinya dimana, sudah berusaha nyari info di blog orang kok ga nemu yaa jadi modal nekat go show aja :D

Baca juga: Cara Membuat Visa Waiver ke Jepang

Musafir harus selalu pake masker yaa, secara liburan lagi jaman awal Corona :(

Gara-gara ga nemu info lengkap di blog orang, akhirnya gw jadi niat nanti masu share di blog aja kali aja nanti ada traveler lain yang butuh kan, enjoy reading ya!

Penitipan kopernya di sebelah kanan ini yaa..

Baca juga: Jalan-jalan di Shinjuku

Setelah bawa gembolan dan ribet sepanjang jalan dari hotel menuju stasiun Shinjuku akhirnya sampai juga dan kita nyari petugas yang bisa ditanyain pakai bahasa Inggris (secara kemampuan bahasa Jepang gw cuma Arigato, Moshi-moshi dan Konichiwa aja, hiks..) tapi karena ga nemu petugas akhirnya kami mencar cari lokasi loker.

Sepertinya 24 jam tidak cukup di Jepang~

Alhamdulillah di sebelah (kayanya) pintu masuk utama, bacaannya NEW SOUTH C, kelihatan sebuah ruangan penitipan koper, seneng dong. Pas nyampe sana zonk, tinggal tersisa satu loker untuk ukuran koper 24 inch saja, hanya cukup untuk satu orang saja sedangkan kami bertiga.


Jadi, di dalam ruangan ini ada tiga ukuran loker yaa, yang kecil seperti muat hanya untuk ransel, ukuran sedang untuk koper kabin, dan ukuran besar untuk koper 24 inch. Masing-masing ukuran berbeda pula biaya sewanya ya. Loker yang sudah terisi akan ada indikator warna merah, dan yang masih kosong indikator warna hijau.


Akhirnya gw keliling lagi dan nemu petugas dan diarahkan ke basement. Jadi, dari pintu utama tadi ga jauh dari situ ada eskalator turun, lalu di bawah tinggal lihat ke arah kiri ada penitipan koper yang cukup luas, dan beruntung masih banyak yang kosong, jadi bebas pilih yang mana aja sesuka hati. Karena koper yang mau gw titip ukuran 24 inch biaya 700 yen per hari (24 jam), kita masukin uang (boleh koin uang pas atau uang kertas 1000 yen nanti otomatis keluar kembalian koin), masukin uangnya di bolongan kecil samping lokernya tapi bisa juga kalau kamu punya kartu Suica tinggal tap aja, nanti kalau sudah akan keluar struk dan pintu loker akan tutup otomatis tidak bisa di buka, jangan lupa diingat yaa nomor loker kalian berapa dan disimpan struknya.

Pengambilan Koper
Esok harinya mau ambil koper lagi, karena sudah lewat dari 24 jam maka kena charge satu hari tambahan, ketika mau ambil koper caranya:
1. Scan barcode yang ada di struk
2. Masukan uang, dan tunggu kembalian (kalau pakai uang kertas)
3. Klik, lokernya pun terbuka
4. Ambil koper
5. Pulang :D

Tutorial ada di video di bawah ini

Mudah kan? Yaa emang semudah itu, cuma pusing nyari lokasinya aja kalau untuk pertama kali.

Jadi, kan kita nitip koper dengan maksud mau naik bus ke Kawaguchiko yaa, lokasi terminal ada di bagian atas stasiun, dan ketika menuju keatas, ternyata berderet banyak loker koper, huft..

Jadi, sejauh yang ku lihat di Stasiun Shinjuku ini ada 3 lokasi penitipan koper:
1. Di dekat pintu NEW SOUTH C
2. Basement
3. Lantai atas yang menuju terminal

Semoga bermanfaat yaa :)

1 komentar: